Friday, December 12, 2008

setiap perilaku kita merupakan komunikasi?



We cannot not communicate!
Ya,setiap perilaku kita mempunyai potensi komunikasi. Namun tidak semua perilaku merupakan komunikasi, tergantung jika perliaku kita dimaknai oleh orang lain atau memaknai perilakunya sendiri. Pernyataan tersebut benar adanya karena termasuk dalam prinsip - prinsip komunikasi. Apa aja sih prinsip komunikasi itu?
1. Komunikasi adlh suatu proses simbolik
• Lambang atau simbol (verbal dan nonverbal) adalah sesuatu yang digunakan untuk menunjuk sesuatu lainnya dan merupakan kesepekatan. Simbol verbal : bahasa , simbol nonverbal : ekspresi, isyarat, bahasa tubuh
• icon ialah obyek yg merepresentasikan sesuatu, misalnya putri diana,
indeks ialah tanda yg secara alamiah merepresentasikan objek lainnya(kategori tanda dalam komunikasi)
Makna sebenarnya ada dalam kepala kita bukan pada lambang itu sendiri
2. Setiap perilaku mempunyai potensi komunikasi
“ WE CANNOT NOT COMMUNICATE “
3. Komunikasi punya 2 dimensi : dimensi isi dan dimensi hubungan
• Dimensi isi : verbal, apa yg dikatakan belum tentu sesuai dengan isi hati. Misalnya orang berteriak marah tp ekspresi wajahnya tersenyum (laki2 sering menggunakan dimensi ini)
• Dimensi hubungan : nonverbal, menunjukkan bagaimana cara mengatakan dan mengisyaratkannya. misalnya jika sedih menangis,kesal berteriak (wanita sering menggunakan dimensi ini)
4. Komunikasi terjadi dalam berbagai tingkat kesengajaan
• Dari yang tidak disengaja sampai yg disengaja atau bertujuan
5. Komunikasi terjadi dalam konteks ruang dan waktu
• Ruang: Misalya kita bertamu ke rumah orang dan ketika kita pulang bisa diantar hanya sampai pintu rumah, halaman rumah, ataupun sampai jarak pandang hilang maknanya berbeda – beda menunjukkan tingkat penerimaan yg berbeda .
• Waktu: Dering telepon pada tengah malam dan pada siang hari akan berbeda persepsinya.
6. Komunikasi melibatkan prediksi peserta komunikasi
• Orang – orang memilih strategi tertentu berdasarkan bagaimana orang yang menerima pesan akan merespons. Prediksi ini berlangsung cepat dan sering tidak disadari.
7. Komunikasi bersifat sistemik
• Internal : Sistem nilai yang dibawa oleh individu sejak lahir (agama,kebiasaan yang ada di dalam keluarga,cara pandang tertentu)
• Eksternal : terdiri dari unsur – unsur dalam lingkungan di luar individu (kata-kata yang diucapkan,isyarat fisik,kegaduhan di sekitar,tata ruang,dll)
8. Semakin mirip latar belakang sosial budaya semakin efektiflah komunikasi
• Komunikasi yang efektif ialah yang hasilnya sesuai dengan harapan peserta komunikasi. Persamaan dalam hal – hal tertentu misalnya bahasa, agama, ras mendorong orang untuk salin tertarik dan karena kesamaannya komunikasi menjadi efektif
9. Komunikasi bersifat nonsekuensial
• Proses komunikasi bersifat sirkular dalam arti tidak berlangsung satu arah. Melibatkan respon atau tanggapan sebagai bukti bahwa pesan yang dikirimkan itu diterima dan dimengerti.
10. Komunikasi sifatnya prosesual, dinamis ,dan transaksional
• Sulit ditemukan mana awalnya dan sifatnya berkesinambungan. Juga bersifat dinamis karna sulit ditemukan awalan dan akhirannya
11. Komunikasi bersifat irreversible
• To forgive but not to forget. Jika kita pernah melakukan kesalahan sekali kepada seseorang, hal tersebut dapat dimaafkan tapi tidak dapat dilupakan begitu saja.
12. Komunikasi bukan panasea untuk menyelesaikan berbagai masalah
• Persoalan mungkin berkaitan dengan masalah struktural.

dari prinsip - prinsip yang sudah dijabarkan diatas dapat membuat teman - teman semua lebih terbuka dengan ilmu komunikasi. karena sering terjadi banyak salah penafsiran mengenai ilmu komunikasi.
wait for my post soon!

3 comments:

BABY YULITHA said...

betulll bgt !
jdi bwt smua anak Fikom,kta udh buat plhan yg tepat bgt ngmbil jrsan ini .hahhaa

dunia tnpa kmnikasi ga da artinya ! hhheeehhhehhe

rani ayu lestari said...

gag nyesel deh masuk ilmu komunikasi ,, asiik bgt !!

egi maha putra said...

pegang terus prinsip" ntu yah.....

maju terus pantang mundur......