Friday, December 12, 2008

cara membeli laptop yang bagus



TUGAS PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI


“ CARA MEMBELI LAPTOP YANG BAGUS “



Disusun Oleh :
Mutiara Ayu Santara
Rara Karinda Saradewi
Vita Principalia

JURUSAN KOMUNIKASI
KELAS : A


INSTITUT MANAJEMEN TELKOM



CARA MEMBELI LAPTOP YANG BAGUS

Memiliki sebuah laptop bisa dikatakan sudah menjadi kebutuhan pribadi bagi orang – orang yang menggunakannya. Fenomena ini cepat dibaca oleh produsen laptop. Mereka membanjiri pasar dengan berbagai tipe laptop berikut harga yang makin terjangkau. Berbeda dengan komputer meja(desktop) yang dirancang untuk berada di tempat yang tetap, laptop dirancang agar dapat digunakan dimana pun pemiliknya berada. Oleh sebab itu untuk seseorang dengan mobilitas tinggi memiliki laptop lebih diminati dibanding memiliki komputer desktop.

Berikut langkah - langkah yang bisa dijadikan panduan sebelum membeli laptop :

Langkah 1 Tentukan Tujuan dan Kebutuhan.
Tanyakanlah pada diri anda, jika anda ingin membeli laptop, akan digunakan untuk apa laptop tersebut. Apakah digunakan untuk pekerjaan kantoran, mengerjakan tugas tugas sekolah, sekedar untuk browsing dan ber-email-an, diberikan untuk anak anda yang baru kenal komputer, atau dipergunakan untuk bermain game terbaru?


Misalnya jika anda ingin menggunakan laptop untuk bermain game 3D terbaru maka anda memerlukan laptop dengan kemampuan kartu grafis yang memadai. Saat membeli, anda bisa meminta penjaga toko untuk mencarikan laptop dengan memori kartu grafis minimal 128 MB berikut segala kemampuannya. Jangan membeli laptop dengan kartu grafis yang ‘on board’ meskipun dari segi spesifikasi cukup menggiurkan, sebab kemampuan kartu grafis ‘on board’ jauh dibawah kartu grafis yang add on. Semakin wah kartu grafis yang terpasang maka akan semakin mahal laptop tersebut sehingga anda harus mempertimbangkan anggaran yang tersedia.

Jika laptop yang anda beli tidak untuk bermain game maka anda tidak usah terlalu memikirkan masalah kartu grafis. Beberapa pekerjaan kantoran seperti mengetik, internet dan video editing tidak memerlukan spesifikasi kartu grafis yang tinggi. Tentu saja anda bisa mendapatkan laptop dengan harga yang relatif lebih murah.

Setelah anda menentukan apakah laptop akan digunakan untuk bermain game atau bukan maka selanjutnya anda harus memikirkan program apa saja yang akan anda jalankan pada laptop tersebut. Hal ini penting untuk menentukan kemampuan prosesor dan RAM dari laptop yang akan anda miliki. Ada baiknya anda membaca spesifikasi minimal laptop yang dibutuhkan untuk menjalankan program yang anda gunakan.



Langkah 2 Pemilihan Perangkat Keras
Langkah ini merupakan langkah terpenting dari keinginan anda membeli sebuah laptop. Pada langkah ini anda diharapkan mampu memutuskan seberapa cepat sistem laptop yang anda inginkan. Mengapa hal ini penting, sebab jika anda salah dalam menentukan pilihan maka anda tidak akan bisa mengganti jeroan laptop yang sudah anda beli. Perlu dicamkan disini, semakin mahal anda membayar maka semakin ‘wah’ spesifikasi laptop yang akan anda dapatkan.

Berikut beberapa jeroan laptop yang perlu anda perhatikan.

Pilihlah prosesor yang hemat energi. Prosesor - prosesor jenis terbaru dengan kecepatan semakin tinggi akan membutuhkan daya listrik yang lebih besar. Beberapa vendor prosesor untuk laptop menyediakan prosesor yang hemat dalam penggunaan Energi. Misalya untuk Intel, prosesor kelas M(mobile) dirancang untuk dapat digunakan bepergian sehingga menggunakan listrik lebih hemat. Jenis prosesor lain yang dianggap hemat dalam menggunakan energi adalah jenis prosesor core duo, tentunya dibanding dengan prosesor dengan kecepatan yang sama.
Memori (RAM). Perangkat keras ini bertugas untuk menyimpan data sementara dari program yang sedang berjalan. Seperti halnya otak, semakin besar kapasitas penyimpanan RAM maka semakin banyak program yang bisa anda jalankan secara bersamaan. RAM yang besar juga diperlukan untuk menjalankan program program berat seperti pengolah grafis dan video. Saat ini, RAM minimal yang dibutuhkan adalah 1 GB, namun alangkah baiknya bila anda bisa mendapatkan RAM 2 GB.
Hard Drive (Media Penyimpanan). Perangkat keras ini berfungsi untuk menyimpan data dalam waktu yang lama. File musik, video, pekerjaan kantor dan lain lain merupakan beberapa contoh file yang sering disimpan dalam HDD. Semakin lega kapasitas HDD maka akan semakin banyak file yang bisa anda simpan. Performa laptop tidak akan terlalu terpengaruh oleh besarnya kapasitas HDD.

Itulah 3 perangkat keras yang perlu anda perhatikan dalam memilih sebuah laptop. Akhir akhir ini, tersedianya fasilitas WIFI juga bisa dipertimbangkan mengingat bertebarannya hotspot gratis untuk berselancar di dunia maya. Bila memang fitur ini tidak tersedia, anda bisa menambahkan kartu WIFI yang banyak dijual di pasaran.

Perhatian !
Saat membeli laptop, harap selalu memperhatikan garansi yang ditawarkan oleh penjual laptop. Jangan takut untuk berperilaku cerewet dalam masalah ini sebab laptop merupakan barang mahal yang rentan akan kerusakan sehingga anda bisa tetap aman menggunakannya. Perhatikan jenis tanggungan garansi, apa saja yang ditanggung berikut segala kondisi yang menjadi tanggungan garansi. Jika memang anda merasa tidak sreg, lebih baik anda membatalkan pembelian laptop tersebut daripada anda menyesal di kemudian hari.
Merk tidak penting, yang penting adalah ketersediaan layanan purna jual di kota anda. Apa gunanya anda menggunakan laptop dan bila terjadi kerusakan anda bingung mau membawa kemana. Apalagi anda harus naik pesawat ke ibu kota hanya sekedar memperbaiki laptop. Hal ini tentu tidak praktis dan banyak menghabiskan uang.
Jangan membeli laptop yang sedang di display di toko. Walau ini sedikit remeh tetapi anda tidak bisa mengabaikan begitu saja. Anda tidak tahu sudah berapa kali laptop yang dipamerkan itu dinyalakan dan diutak atik orang. Bila memang laptop itu satu satunya yang ada di toko itu, anda bisa mencarinya di toko lain.

Langkah 3 ( Ketersediaan port dan slot memory )
Data dapat disimpan dalam berbagai bentuk media penyimpanan. Suatu saat mungkin Anda ingin menyalin data teman Anda yang tersimpan di sebuah kartu memori, atau Anda ingin menyalin data dari kamera digital dengan antarmuka menggunakan port FireWire. Oleh sebab itu ada baiknya anda memilih laptop yang menyediakan berbagai jenis port, seperti USB, memory slot dan FireWire. Laptop-laptop saat ini dapat dipastikan sudah dilengkapi dengan port USB. Jumlahnya bahkan bisa mencapai empat buah. Jika tidak ada jenis port lain di laptop anda, anda dapat menyediakan beberapa konektor ke USB, karena konektor ke USB mudah ditemui di pasaran dan harganya relatif murah dibanding Anda harus mengganti laptop anda.


Langkah 4 ( Mengetahui Kondisi Baterai )
Pertama Anda harus tahu kondisi laptop anda. Baterai laptop saat ini sudah menggunakan jenis baterai Lithium-Ion(Li-On) , jenis ini memang jenis yang paling baik yang ada di pasaran dibanding jenis pendahulunya seperti Nickel Metal Hybride (Nimh) atau Nickel Cadnium (NiCad). Idealnya baterai laptop dapat digunakan setidaknya selama dua jam, maksudnya jika batere laptop anda dalam keadaan penuh kemudian anda gunakan, jika sebelum mencapai dua jam baterai anda harus sudah diisi ulang maka waktu penggunaan baterai laptop anda di bawah rata-rata. Beberapa baterai laptop dengan kualitas tinggi dan tentu saja dengan harga yang tingggi pula bahkan dapat digunakan selama enam jam.
Perlu diperhatikan bahwa sebagian besar vendor laptop menuliskan waktu penggunaan baterai untuk pengaturan laptop minimal. Artinya waktu tersebut akan dicapai jika pengaturan laptop anda telah benar-benar memaksimalkan penghematan penggunaan listrik, misalnya pengaturan kontras layar minimal, pengaturan mode Stand By atau hibernasi laptop jika sedang tidak digunakan, mematikan fasilitas WiFi dan Bluetooth dan lain sebagainya. Ujilah daya tahan baterai laptop anda, dengan cara isi penuh baterai, kemudian gunakan dengan penggunaan normal anda ber-laptop, hingga muncul pesan untuk segera mengisi ulang bater laptop anda. Ingatlah baik-baik waktu tersebut agar di kesempatan lain baterai anda jangan sampai benar-benar kosong, dan anda dapat menyesuaikan penggunaan laptop anda untuk kondisi tanpa ketersediaan jaringan listrik.

3 comments:

yuning IMTelkom said...

.iya.iya.jadi lebih banyak tau tuh anak-anak kelas.hihii

rani ayu lestari said...

abang2 tukang laptop di BEC jadi gag bisa nipu gw . kan gw udah dikasih trik and tips dari klompok kalian ,,hahahha

egi maha putra said...

vit,slain jual laptop,,,
jualan aph lg u????
hwehehehe